informasi obyek wisata alam di indonesia

Sabtu, 08 Februari 2014

Wisata Alam Deles Indah di Klaten Jawa Tengah


Deles Indah adalah Obyek Wisata yang berlokasi di lereng kaki gunung Merapi sebelah timur ± 25 km dari Kota Klaten, Deles terletak di Wilayah Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang, dengan ketinggian antara 800 m – 1300 m diatas permukaan laut. Deles indah memiliki potensi spesifik suasana pemandangan alam pegunungan. Dari obyek wisata deles dapat dilihat pemandangan puncak Merapi dengan nyata, pemandangan kota Klaten yang dihiasi dengan cerobong Perusahaan Gula gondang Baru & perusahaan Ceper Baru dengan berselendangkan Rowo Jombor dengan Jajaran Gunung Kapurnya merupakan Panorama yang Indah. Di sekitar Deles Indah ini dikenal pula beberapa peninggalan sejarah dan juga tempat rekreasi khusus antara lain : Bekas Pesanggrahan Sunan Paku Buwono X Makam Kyai Mloyopati Sendang Kali Reno Taman Rekreasi Ngajaran Taman Pemandangan Pring Cendani Gua sapuangin / Siluman.

Wisata Alam Deles Indah


Deles Indah yang dulu menjadi primadona wisatawan untuk berlibur di Klaten, kini merana, sepi dan ditinggalkan pecintanya. Warung-warung dari gubuk bambu yang pernah menghiasi sepanjang pinggiran jalan setapak yang membelah hutan lereng Gunung Merapi Desa Sidorejo, Kemalang, tersebut kini juga sudah tidak ada lagi. Tinggal onggokan gubuk yang roboh karena lapuk dimakan hujan dan panas. Padahal dulu para wisatawan bisa berteduh di gubuk-gubuk warung itu sambil menikmati, hangatnya mi atau kopi tradisional khas buatan penjaja warung di Deles ini. Sekarang juga sudah tidak ditemukan lagi bocah-bocah yang menjajakan tikar atau menawarkan bunga edelweis untuk suvenir. Keramahan masyarakat dalam menyambut wisatawan sudah sirna seiring semakin senyapnya pamor objek wisata Deles Indah tersebut.

Setiap akhir pekan, pada masa jayanya, Deles Indah dijejali oleh para pengunjung. Hampir di setiap sudut bawah rindangnya pohon ada kumpulan wisatawan baik keluarga maupun sejoli yang memadu kasih. Namun akhir pekan lalu, sejak pagi hingga siang hanya ada empat pengunjung. Yakni dua remaja tanggung masih berseragam sekolah, yang hanya duduk-duduk di atas sadel sepedamotor yang diparkir di depan warung Ny Ngadiyo (satu-satunya warung yang masih bertahan di Deles) dan sepasang pacar yang sedang bercengkerama di bawah pohon akasia dengan beralas tikar sewaan dari warung Ny Ngadiyo. Selebihnya hutan Deles benar-benar senyap, hanya terdengar bunyi serangga hutan. ”Mau ke atas takut, sepi sekali, khawatir ada apa-apa,” kata dua remaja yang tidak ingin disebutkan namanya, karena masih berseragam sekolah tersebut.

wisata alam deles indah


Ny Ngadiyo, salah satu saksi surutnya kondisi wisata di Deles mengungkapkan saat ini ia tak bisa berharap banyak mendapatkan penghasilan dari berjualan makanan. Ia tetap bertahan membuka warung, sekadar mengisi waktu, setelah tidak bisa lagi bekerja berat. Selain itu juga sekaligus menunggu ladang agar tidak diserang kera-kera liar Merapi. Setiap hari belum tentu ada pengunjung yang mampir ke warungnya. Hari Sabtu lalu, bahkan hingga pukul 14.00 hanya ada tiga pengunjung yang datang. Itupun karena mereka berteduh setelah turun hujan. ”Sekarang hanya saya yang buka warung, lainnya sudah tutup. Liburan tetap sepi sekali, sepuluh orang saja kadang tidak ada,” kata Ny Ngadiyo.

Ia berharap pemerintah daerah mengupayakan kembali pengembangan objek wisata Deles Indah ini, sehingga akan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar. Salah satu faktor yang berperan terhadap surutnya perkembangan wisata Deles, antara lain semula akibat rusaknya jalan menuju objek wisata, serta padatnya lalu lintas truk angkutan pasir yang membuat para wisatawan tidak nyaman.

Wisata Alam Deles Indah di Klaten Jawa Tengah Rating: 5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar